Budget Planning

Gw merasakan betapa borosnya diri gw. Seringkali gw merasakan masa-masa sulit ditanggal 18 menuju 25. Semua itu akibat ketidakpintaran gw dalam mengurus keuangan pribadi. Biasanya setelah terima gaji, gw suka ga mikir-mikir dulu kalo mo beli sesuatu. Kalo saat itu gw merasa suka itu barang, ya langsung aja gw ambil itu barang dan bawa ke kasir untuk membayarnya. Temen gw pernah bilang "semenjak kerja gw jadi boros hil. Mungkin karena gw merasakan duit yang gw punya sekarang itu adalah duit gw sendiri, ya makanya suka ga kekontrol dan ga sungkan buat beli sesuatu. Beda kalo gw masih minta ma ortu, yang kadang suka ga enak buat minta-minta mulu". Bener juga yang dibilang temen gw itu, karena itu duit kita sendiri dan ga ada yang ngelarang juga buat mo diapain tuh duit.

Sebagian besar cewe-cewe seumuran gw pasti seringkali menghabiskan uang dengan begitu cepatnya saat berada di mall, apalagi kalo ada tulisannya "SALE" langsung deh nyerbu buat milih-milih baju, sepatu, tas, aksesoris atau barang apapun yang bisa dibeli, begitu juga gw. Kadang suka merasa menyesal, setelah menghitung jumlah uang yang udah gw keluarkan. Mungkin itu bisa dinamakan shopaholic.

Shopaholic, yaitu berasal dari kata shop yang memiliki arti belanja dan aholic yang artinya suatu ketergantungan yang disadari atau tidak disadari. Atau shopaholic merupakan seseorang yang tidak mampu menahan keinginannya untuk berbelanja dan berbelanja sehingga menghabiskan begitu banyak waktu dan uang untuk berbelanja meskipun barang-barang yang dibelinya tidak selalu ia butuhkan.

Gw pernah baca artikel di majalah cleo indonesia tentang shopaholic's terminology,
1. Shopgasm. Perasaan puas yang umumnya dirasakan shopgasm setelah berhasil menemukan barang incaran.
2. Shopcrastinating. The act of shopping when you should be doing something more important.
3. Shopacrazy. Saat baru gajian atau terima uang, kita langsung kalap berbelanja di mall. Apapun yang menarik dimata langsung dibeli seakan uang yang kita miliki ga ada batasnya.
4. Shopblocking. Seseorang yang berpikir kalau bulan ini masih panjang dan sangat tidak lucu jika sudah kehabisan uang ditengah bulan.



Biar ga kebablasan dan mengakibatkan gigit jari ditengah bulan, apalagi jaman serba mahal sekarang ini, rasanya gaji kita tiap bulan itu ga akan pernah cukup. Makanya gw rasa budget planning perlu dibuat dan harus dipatuhi tentunya. Pos pertama tentukan dianggarkan buat kebutuhan-kebutuhan primer, kaya buat makan, kesehatan, dan biaya2 kelangsungan hidup lainnya. Pos kedua dianggarkan buat kewajiban-kewajiban, kaya buat ngasih ke orang tua, bayar arisan, internet & tv kabel, nabung. Nah pos ketiga baru buat kesenangan, kaya belanja kebutuhan fashion, hang out bareng temen, nonton, dan lain-lain.




Ya, semoga aja budget planning ini bisa diterapkan buat gw khususnya. Biar ga selalu merasa kehabisan uang di tengah-tengah bulan.

3 comments:

hendro said...

yey,, kapan sy bisa kayak gitu.. :(
punya budget buat di planing-in..wuhhuuft...

presy__L said...

hahaha.. itu si dasarnya lo aja yang demen belanja.
makanya da, lo punya keinginan untuk membeli barang yg besar, jadi ga abis buat beli hal2 yg sebetulnya lo belum perluin.

tapi susah juga ya, kaya gw. dari dulu pengen beli kamera, tapi mau nabung kaya apaan juga, tetep aja uangnya abis buat yg lain. :p

Liliyana Hilda said...

Hendro : Sabar aja ndro, insyaAllah lulus lah tahun ini.. Amin..

Presy: Belanja mah gpp kali, asalkan msh dlm tahap wajar.. (tp kayanya selama ini kaga wajar ya). Mak-dar-it pres, bikin budget planning biar bisa kecontrol..

Post a Comment