Libur tlah tiba

Jadi pengen nyanyiin lagunya Tasya Kamila yg pasti kebanyakan orang tau akan lagu itu..

Libur tlah tiba, libur tlah tiba, hore, hore, hore
Simpanlah tas dan bukumu, lupakan keluh kesah mu
Libur tlah tiba, libur tlah tiba, hatiku gembira


Tapi rasanya lagu itu tidak pas dengan suasana hati saat ini..
Knp, emang lo ga libur ya??
Ohh, jangan salah.. Kantor ma kampus gw ga segitunya banget kok, yang tega membiarkan karyawan dan mahasiswanya tetap masuk di hari natal ini.. Malahan kantor gw memberikan cuti bersama di tgl 24 Desember kemarin.. *padahal sebagai karyawan baru, gw belum berhak atas cuti* Dan tentunya kampus saya sudah libur sampai dengan awal tahun nanti..

Terus knp dong??
Liburan kali ini hanya bisa gw nikmatin dirumah saja.. Semua rencana berlibur saya gagal.. Itu semua berawal dari kelalaian gw yang tidak menjaga pola makan dengan baik..
Minggu-minggu ini saya amat sangat disibukkan oleh kerjaan di kantor (mengingat akhir tahun semakin dekat) dan tugas-tugas kuliah (uas yang sudah dimulai).. Karena waktu yang gw punya sangat terbatas, maka gw harus pintar-pintar membagi waktu yang ada untuk bekerja, kuliah, mengerjakan tugas kuliah dan tentunya untuk beristirahat..
Tapi yang ada gw malah jatuh sakit.. Akibat sering terlambat makan malam.. Kadang gw baru makan malam saat sudah sampai di rumah.. Kira-kira sekitar pukul 11 malam.. Sesampai dirumah saat turun dari taksi, mama selalu menunggui gw didepan pagar.. Dan hal pertama yang beliau tanyakan adalah "tadi sebelum kuliah makan dulu ga da??". Dan pastinya gw tidak menjawabnya dengan jujur.. Gw selalu bilang sudah makan tadi di kampus.. Setelah berbersih diri baru gw makan.. Setelah selesai makan, gw tidak langsung naik ke tempat tidur, melainkan harus membuka laptop terlebih dahulu untuk mengerjakan tugas kuliah yang harus dikumpulin esok hari.. Hal itu terus berulang-ulang sampai hari selasa kemarin..
Dan hasilnya pada hari rabu pagi sekitar jam setengah 2an, gw ga bs tidur karena penyakit maag gw kambuh.. Tentunya hal ini membuat repot seluruh keluarga gw.. Membuat gw tidak bisa masuk kantor dan tentunya semua kerjaan gw di kantor menjadi tertunda..
Pagi harinya, mama langsung membawa gw ke klinik terdekat di kompleks rumah.. Dan dokter tersebut sudah terbiasa menangani gw.. Dokter tersebut menangani pasiennya ini dengan sabar dan bertanya "Salah makan apalagi nih hilda??, jangan stress-stress lah ma kuliah dan kerjaan".. Setelah selesai memeriksa dan memberikan suntikan pereda rasa sakit, dokter menyampaikan nasihatnya.. "Penyakit ini, cuma bisa disembuhin sama diri kamu sendiri.. Yang penting jaga pola makan, dan jangan terlalu banyak pikiran.. InsyaAllah bisa cepet sembuh dan ga kambuh-kambuh.. Usahain sering-sering nyemil dan selalu sedia obat maag didalam tas, jadi jika suatu saat kambuh ada pertolongan pertama dulu"..

Ini ada beberapa tips yang gw dapetin dari hasil browshing untuk mencegah kambuhnya penyakit maag.. Semoga bermanfaat buat diri gw sendiri dan tentunya untuk orang-orang yang baca blog gw ini..

Tips Pertama
Bagi kita yang sudah terlanjur mengidap penyakit maag maka yang harus kita lakukan adalah selalu makan teratur setiap hari untuk mencegah asam lambung merusak dinding lambung. Di samping itu kita juga harus rajin minum obat pereda nyeri maag / nyeri lambung ketika rasa sakit maag itu datang. Kini ada cara alternatif yang alami untuk mengatasi maag yaitu dengan buah pisang. Secara rutin makan buah pisang satu buah setiap pagi dan sore hari akan melindungi selaput lendir di lambung anda dari asam lambung. Buah pisang kaya akan pektin yang memiliki efek yang baik bagi orang yang terserang maag.
Hal ini juga sering dilakukan oleh teman kantor gw.. Dan gw bertanya pada dia apakah hal ini berhasil, dia bilang cukup berhasil mencegah kambuhnya maag saat sedang lapar dan tidak sempat makan karena belum waktunya makan..

Tips kedua
Ketika mengalami sakit perut karena kembung atau maag maka disarankan untuk minum air putih sebanyak-banyaknya dan kalo bisa air putih yang hangat. Minum dan minum terus hingga bersendawa atau kentut dan akhirnya sakit perut anda pasti hilang.
Kenapa demikian karena yang namanya sakit perut karena kembung atau maag diakibatkan produksi zat asam lambung yang berlebih dan telat makan. Karena perut kita kosong dan zat asam lambungnya berlebih akhirnya dinding-dinding lambung yang akan diserang, sehingga menimbulkan sakit yang tidak tertahankan. Dengan kita meminum air putih yang banyak maka otomatis lambung kita akan terisi air, zat asam lambung yang sebagian besar udara akan keluar karena terdesak air putih yang masuk kelambung dan hasilnya sakit perut karena kembung atau maag anda dapat segera sembuh. Tapi jangan lupa makan yang teratur juga ya.

Tips ketiga
Resep yang ketiga ini sangat efektif dan alami untuk mengobati sakit maag dan mampu melenyapkan penyakit secara tuntas dalam waktu yang relatif singkat, tanpa banyak kekhawatiran akan kumat atau kambuh kembali. Dan akan lebih bermanfaat lagi apabila resep ini dipergunakan oleh penderita maag yang tidak mampu meninggalkan minum kopi, yang sebenarnya terlarang bagi yang sedang menderita penyakit maag.
Bahan yang digunakan yaitu setengah kilo gram biji kedelai kering, digoreng tanpa minyak (disangrai)dan air secukupnya. Lalu, biji kedelei yang sudah disangrai ditumbuk sampai halus, seduh dengan air seperti membuat kopi. Minuman ini bisa untuk menggantikan kopi, minumlah tiga kali sehari, pagi sore dan malam hari selama setengah bulan. Untuk pencegahan dapat dilakukan sekali satu sehari selama berbulan-bulan. Dengan resep ini insyaAllah maag akan sembuh dan tidak kambuh lagi.

3 comments:

Laren Verina said...

Ngebaca post lo yg ini, gw jd keinget kalo gw juga pernah ngerasain libur yg ga libur hil..
mslhnya sama,kesehatan..
Desember thn kmrn, gw kena cacar pas bgt di hr trakhir uas,,akirnya gw g ikut natalan, ga ikut reuni,ga ikut jalan &lebih parah lg 'dijauhin' krn tkt ketularan,,,
kedehatan emg mahal bgt hil,,,hehe..

Anonymous said...

da, thx atas tipsnya. kayaknya walaupun di kantor gw berasa sehat deh. setelah gw itung2, minum air putih anget terus2an berbotol2 tupperware ternyata ampuh.. tapi yg diomongin dokter sama ya? sembuh itu cuma bisa dari diri sendiri..

eh da, saran ni.. pas sebelum di publish tulisannya, lo tambahin tags. tags itu kayak key words, yg bakal membimbing orang2 saat googling..

Liliyana Hilda said...

@laren: ya ampun ren.. pasti sedih bgt ya.. natalan sakit gt.. untung kita kenal setelah lo sembuh ya.. hehe

@presy: sama2 pres.. iya jg sih, klo dikantor kan tumbler ada didpn lo jdnya ya jd sering minum air putih.. btw, thnx y tipsnya..

Post a Comment